Kamis, 14 Mei 2015

Hakikat Organisasi

Tags

HAKIKAT ORGANISASI

Sebelum memasuki sebuah organisasi kita harus mengenal organisasi itu terlebih dahulu. Ikut berorganisasi memberikan kita banyak sekali keuntungan diantaranya :
1.      update skill
2.      wadah mengeluarkan idealisme
3.      mengasah analisis
4.      wadah mengimplementasikan ilmu
Organisasi merupakan tempat terbaik untk menyalurkan aspirasi. Berbicara mengenai organisasi berarti kita membicarakan scale of impact, yaitu ukuran dampak yang bisa kita ciptakan lewat organisasi, dengan organisasi masalah kita akan semakin banyak dan tanggung jawab kitalah sebagai mahasiswa untuk menyelesaikannya.
Gagasan individu haruslah digabungkan dengan gagasan yang lain agar menghasilkan gagasan yang lebih baik. Maka dari itu, organisasi merupakan hal yang sangat prinsipil bagi setiap manusia. Organisasi juga menambah pengalaman serta cv yang nantinya dibutuhkan di jenjang yang selanjutnya.
Menjadi ketua lembaga minimal ada dua tanggung jawab yaitu komunikasi, dan program. Antara keduanya harus berjalan dengan baik namun, komunikasi merupakan yang paling penting. Bila program kita kurang bagus namun komunikasi kita bagus maka kekurangan tersebut akan tertutupi. Ketika dalam perjalanan terdapat masalah maka bentuklah forum bagi orang-orang yang berselisih agar dapat menemukan penyelesaian atau win win solution.
Kebosanan kerap hadir dalam perjalanan berorgaisasi. Carilah objek serta hal-hal yang menyenangkan atau kataris yang positif untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Tenggang rasa dan peduli sesama harus di lahirkan dalam berorganisasi. Hal-hal tersebut dapat ditumbuhkan melalui pemahaman mengenai karakter orang lain. untuk memahaminya maka kita harus membuat mapping terlebih dahulu seperti apa orang-orang yang akan bekerja sama dengan kita. Jika sudah dipahami maka buatlah struktur agar pekerjaan kita terorganisir.
Organisasi merupakan school of life integritas kita terbentuk di dalam organisasi. Performance kita diorganisasi adalah investasi masa depan kita. yang terpenting saat kita bicara di depan orang bukan hanya public speaking yang baik, tetapi juga bagaimana saat kita bicara dapat memberikan pengaruh terhadap mereka, serta dapat masuk ke dalam hati. Kesan itu mengabdi, namun sayangnya kita tidak punya banyak waktu untuk memperbaiki kesan.

#SOL VIII


EmoticonEmoticon